Home » » model prilaku konsumen e-commerce

model prilaku konsumen e-commerce

kali ini saya akan sedikit membagikan ilmu yang telah saya dapat akibat bertapa digunung kidul agan-agan semua hehehehe,,maksudnya kampus tercinta...
gk ush lama-lama yok disamak aj nih postingannya semoga bermanfaat ^_^

model perilaku konsumen didalam dunia e-commerce dapat dilihat dari berbagai aspek-aspek antara lain :
-karasteristik individu dari konsumen

  1. gender dan umur
  2. status perkawinan
  3. tingkat pendidikan
  4. etnicity
  5. jabatan
  6. pendapatan rumah tangga
  7. kepribadian
  8. karakteristik gaya hidup
-variabel lingkungan dalam membeli

  • sosial
  • komunitas
  • variabel lainnya
-faktor konsumen dalam membeli

  • Pemrakarsa ( Initiator )
  • Pengaruh ( Influencer )
  • Kebutuhan
pelayanan pelanggan

  • Segmenttasi Pasar dibagi menjadi beberapa varian antara lain :
-Segmentasi Geografi ;
merupakan pembagian pasar menjadi unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi,kota dan kepulauan. Contoh Coca-Cola memasarkan produk minumannya dengan merek tertentu hanya dijual di Jepang,yaitu Sokembicha,Lactia,Georgia dan Qoo
-Iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran iklan merupakan bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan. Perusahaan harus secara aktif berpartisipasi dalam semua jenis aktivitas internet seperti newsgroups,mailing list dan bulletin boards.
-Iklan harus berhubungan dengan proses ordering ketika pelanggan tertarik setelah melihat iklan tersebut, item yang diiklankan harus bisa langsung dipesan dan dibayar.
-Strategi Menarik Perhatian Pengunjung ke Suatu Situs.
-Tidak hanya mengandalkan situs web saja.Dalam menarik pelanggan tidak hanya mengandalkan E-Commerce saja, tetapi juga harus ditambah dengan media tradisional.
-Padukan nama perusahan dengan nama situs web dengan memadukan nama perusahaan dengan situs web akan memudahkan pengunjung untuk mendatangi situs anda. Misalnya www.microsoft.com, www.ge.com
-Pastikan alamat situs web anda selalu muncul di lembar cetakan alamat Ecommerce anda harus tercantum di kop surat,amplop brosur, kartu nama, papan nama, stiker dan lainnya.

  • Pelayanan pengiriman untuk pelanggan pada internet
Mengacu pada pembelian online di Amazon.com, dimensi kualitas pelayanan dicontohkan sebagai berikut :
1.Tangibles Tampilannya rapi dan tersusun baik, ada catalog, mudah digunakan dan mudah dipahami.
2. Reliability Produk dikirim tepat waktu dan sesuai dengan pesanan
3. Responsiveness Tersedia panduan yang membantu saat terjadi error memberitahukan pelanggan jika pengiriman produk berlangsung sukses atau ada masalah.
4. Assurance Adanya layanan untuk mendampingi pelanggan memasuki suatu proses dan juga adanya layanan seperti rekomendasi dari vendor.
5. Empathy Adanya personalized service, seperti personalized sambutan secara personal, dan email pribadi.


dibaca juga nih kata-kata bijak terbaru nya yuk biar pada gk kena kontroversi hati ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Berbagi ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger